Sosialisasi BI Dashboard DTKS : Kupas Tuntas DTKS Kab. Bandung Barat

  • Sosialisasi BI Dashboard DTKS : Kupas Tuntas DTKS Kab. Bandung Barat
  • 1
Kamis, 27 Agustus 2020 – Telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Dashboard Business Inteligence dan pendampingan pemanfaatan data melalui kegiatan Kupas Tuntas DTKS Kabupaten/Kota untuk wilayah Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini dilakukan melalui Video Conference dengan Host dari Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial. Hadir dalam Video Conference ini adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat yang diwakili Kasi Pengolahan Data Fakir Miskin Ayu Suryandani, SH, Pejabat Struktural serta Tim Pengelola Data Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat. Undangan yang hadir adalah OPD Kab/Kota diantaranya Badan Keuangan Daerah, Dinas Kominfo, Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, Perwakilan DPRD Komisi III dan perwakilan dari setiap kecamatan dan kelurahan dan desa di Kabupaten Bandung Barat.
.
Rangkaian acara pada kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala Dinas Sosial Kab Bandung yang diwakili Kasi Pengolahan Data Fakir Miskin, yang dilanjutkan oleh Tim dari Pusdatin Kesos dengan memberikan penjelasan mengenai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial oleh Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi Joko Widiarto, penjelasan Dashboard Business Intelligence (paparan dan praktek aplikasi) oleh Kunto Wahyono, dan penjelasan Policy Brief yang didalamnya berisi mengenai ringkasan analisis dan rekomendasi kebijakan oleh Abdurahman Syaebu. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi/ tanya jawab yang dipandu oleh Moderator Kepala Sub Bidang Pengumpulan Data Herny Widiastuti, sekaligus menutup acara.

Dashboard Business Inteligence dikembangkan oleh Pusdatin Kesos Kementerian Sosial dalam rangka menyediakan tools analisis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Dashboard ini menampilkan variabel-variabel DTKS yang disajikan dengan berbagai filter yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan perencanaan program yang lebih tepat sasaran.


Penulis :
Admin

Bagikan :