Rakor Sinkronisasi Data Kartu Penyandang Disabilitas Tahun 2019

Rakor Sinkronisasi Data Kartu Penyandang Disabilitas Tahun 2019

Jakarta, 7 November 2019 – Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Kartu Penyandang Disabilitas sebagai tindak lanjut UU No. 8 Tahun 2016 pasal 121 yang diikuti oleh perwakilan Dinas Sosial dari 34 Provisni. Kepala Pusdatin Kesos hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut dengan materi tentang Satu Data Kesejahteraan Sosial Nasional Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Kepala Pusdatin Kesos menjelaskan Permensos No.5 Tahun 2019 Data Terpadu Kesejahteraan Sosial meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosail (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). Salah satu PPKS yang ada dalam DTKS adalah Penyandang Disabilitas yang tinggal di dalam Rumah Tangga (RUTA) maupun tinggal di LKS/Balai/UPTD.

Variabel data PPKS tinggal di RUTA terdiri dari Identitas RTS, Demografi, Kesehatan (termasuk jenis Disabilitas), Pendidikan, Kepesertaan Program, Kepemilikan Aset dan Perumahan. Sedangkan variable data PPKS kategori Penyandang Disabilitas Non RUTA (LKS/Balai/UPTD) terdiri dari Demografi, Jenis Bantuan, Ragam Disabilitas dan Wali Penyandang Disabilitas.

Dalam Statistik PPKS di DTKS, Jenis PPKS Penyandang Disabilitas berjumlah 113.803 jiwa. Pengelolaan data LKS, mekanisme pengajuan proposal dan bantuan, mekanisme monitoring dan evaluasi serta verifikasi dan validasi data PPKS oleh Dinsos Kab/Kota juga dijelaskan dalam kegiatan ini.  

 



Penulis :
Tim Dista

Bagikan :